Berikanlah sesuatu yang terbaik untuk orang lain dan diri sendiri. Tak peduli betapa banyak orang yang menghina!!! Jangan bangga mempunyai komunitas, buatlah mereka bangga mempunyai anda!!!

Saturday, 23 June 2012

Membuat Web Server di Linux (Ubuntu)

Membuat Web Server di Linux (Ubuntu) - Mungkin bagi teman-teman yang sering otak-atik pemrograman web seperti php (Personal Home Page) atau pemrograman web lainnya, sudah tidak asing lagi kalau mendengar istilah web server. Kalau di windows mungkin teman-teman udah biasa membuatnya tapi bagaimana halnya di Linux? Udah biasa juga atau belum? Ngaku aja deeeehhhhhhhhhhh....... :)

Berikut ini saya akan sedikit berbagi tau bagaimana membuat web server di Linux dan mudah-mudahan bisa membantu teman-teman semua dalam belajar pemrograman web. Jangan lupa untuk laptop atau komputer kita harus terkoneksi internet terlebih dahulu karena file-file yang akan kita instal seperti apache, php dan server database nanti langsung didownload dari internet, sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan file-file untuk tersebut yaitu dengan DVD repositorinya Linux, tapi untuk cara tersebut akan saya bahas lain waktu aja.

Langsung aja dari pada kelamaan, teman-teman pengen segera tau bagaimana cara membuat web server di Linux, berikut ini langkah-langkahnya :

Pertama instal dulu web server apache
Command : # sudo apt-get install apache2

Kedua install database server
Command : # sudo apt-get install mysql-server

Kemudian install php untuk apache
Command : # sudo apt-get install php5

Selanjutnya instal mysql untuk apache
Command : # apt-get install libapache-mod-acct-mysql
Command : # apt-get install php5-mysql

Sebagai tambahan juga silahkan tes terlebih dahulu apakah web server yang telah teman-teman buat tadi sukses atau tidak dengan cara ketikkan alamat di browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, dll) dengan URL :

http://localhost

Jika telah tampil tulisan "it work", berarti instalasi yang baru saja teman-teman lakukan telah berhasil dan untuk htdoc (directory tempat menyimpan file web) di Linux adalah :

/var/www/

Oke, sudah selesai... :)

Baca Juga:

6 komentar:

Suendri Pak En said...

nice post

A Newbies said...

makasih kak

kunci gitar said...

selama ini yang pernah saya coba yaitu yang di widows, kalau yang dilinux belum pernah. makasih tutorinya. :)

luluk ambarwati said...

saya masih bingung dengan langkah-langkahnya

Ahmad Syadzili said...

bingung sob :-(

erza said...

susah amattttttttttttt..............

Post a Comment

Kritik, saran, dan pertanyaan Anda sangat kami harapkan dan sangat kami hargai

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net